Minggu, 15 Maret 2009

Nifas & Shalat

Dari : annisa alkadrie
Pertanyaan: Assalamualaikum. wrw.wb.
Habib, brp lama waktu nifas seorang ibu? Ana mendapat beberapa keterangan yg berbeda... Waktu msh sekolah, kita diberitahu wkt nifas 40 hari. Kdg ada jg perempuan yg nifasnya s/d 60 hr.. Umumnya mmg 40 hr.
Tp ade sohib ana yg blm 40 hr, drh nifas sdh berhenti, dia lgs mengerjakan shalat/ibadah lainnya.. Alasannya: biar ndak ketinggalan/tidak byk mengganti shalatnya.
Ana pernah mendengar keterangan seorang ulama, bhw sesungguhnya waktu nifas itu adalah masa istirahat/pemulihan seorang ibu pasca melahirkan. Masa nifas juga adalah karunia ALLAH SWT. berupa keringanan tidak diwajibkan shalat..
Mohon penjelasan lebih lanjut.
Syukran katsir.



Jawaban:

terma ksih; mungkin sudah bnyak kita ketahui bersama namun untuk lebih jelasnya bahwa nifas itu darah yg keluar setelah kosong nya rahim dari kehamilan. paling cepatnya masa nifas "sebentar atau sesaat" maksudnya nifas mungkin terjadi tidak lebih dari satu hari, pada umumnya masa nifas itu 40 hari dan nifas tersebut tidak akan lebih (maksimal) dari 60 hari.. Hukum nifas seperti haid, artinya dia tidak diperkenankan sholat dan tidak pula diwajibkan untk mengganti (qodho) sholatnya karena karunia Allah yang diberikan kepada wanita.

Berkata Ahmad bin Ruslan didlam kitab Zubad :

ادنى النفاس لحظة ستونا اقصاه والغالب اربعونا



Hb. Muhammad Bin Abdurrahman Alkadrie